Ingin Masuk Sekolah Penerbangan? Jangan Lupa 3 Hal Ini

Sekolah PenerbanganMelanjutkan pendidikan di sekolah pilot adalah sebuah jalan untuk memperoleh profesi sebagai seorang penerbang atau pilot dan bisa bekerja di maskapai penerbangan. Dengan gaji yang tinggi berkisar di angka puluhan juta rupiah dan jenjang karir yang oke sangat menjanjikan untuk membuat hidup terasa nyaman. Tidak mengherankan kalau profesi tersebut semakin memikat hati kebanyakan orang. By the way, bila Anda juga tertarik untuk melanjutkan pendidikan di dunia penerbangan, jangan lupa tiga hal di bawah ini:

Memilih sekolah yang berkualitas

Sekolah pilot yang bisa dipilih tidak hanya dalam negeri, tetapi juga luar negeri dengan gaya hidup yang berbeda. Sekolah penerbangan lokal dan luar pada umumnya sama saja, akan tetapi yang membedakan ialah nama baik sekolah. Sekolah yang punya kredibilitas bagus misalnya umur sekolah sudah lama, cadetnya banyak, fasilitasnya lengkap dan mendukung (baik itu asrama, perpustakaan, laboratotium, bandara, maupun pesawat latih), dan bahkan alumninya sudah banyak terserap di dunia kerja, ialah kriteria sekolah penerbangan patut dipilih. Sementara bila reputasi sekolah belum dikenal bagus di dunia penerbangan, ada baiknya cari sekolah lain dengan kriteria di atas karena hal ini bisa mempengaruhi karir dalam dunia kerja.

Menyiapkan fisik, finansial, dan akademik yang bagus

Fisik, finansial, dan akademik adalah tiga aspek penting untuk masuk sekolah pilot. Fisik yang bagus entah itu tinggi ataupun berat badan yang ideal sesuai dengan ketentuan sekolah, kesehatan bagian dalam dan juga luar harus benar-benar dipastikan supaya bisa lulus tes medex. Banyak orang gugur dalam tes ini sehingga tidak bisa mewujudkan impian. Ada baiknya lakukan check up terlebih dahulu dari jauh hari sebelum tes dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan baik-baik saja dan memenuhi syarat. Sekalipun punya masalah kesehatan dapat disiasati dengan baik, contohnya gigi berlubang bisa ditambal. Sementara untuk finansial, tentunya sudah bukan rahasia lagi bahwa sekolah pilot merupakan salah satu sekolah yang terbilang mahal di dunia. Faktanya, dalam jumlah mata uang Indonesia biaya sekolah pilot bisa mencapai 700 hingga 800 juta rupiah. Jadi, harus dengan persiapan dana yang cukup bila tidak ingin pendidikan terhambat.

Begitu pula untuk akademik yang juga akan dilakukan tes ketika masuk sekolah pilot. Hanya ada beberapa orang memenuhi kriteria yang bakal masuk dan diterima di sekolah pilot. Artinya, calon cadet banyak yang gagal dalam mengikut tes akademik karena pengetahuan yang dimiliki kurang maksimal. Adapun bidang pengetahuan yang biasanya di tes adalah bahasa Inggris, matematika, fisika, dan ilmu pengetahuan umum lainnya. Anda bisa ikut kursus untuk memperdalam pengetahuan agar bisa lulus dalam tahap tersebut.

Mentaati peraturan sekolah

Di sekolah pilot memiliki peraturan yang cukup ketat. Bagaimana tidak, para cadet pilot tinggal di asrama jadi pihak sekolah bisa memantau semua kegiatan yang dilakukan oleh cadet. Penting untuk diingat bahwa jangan sekali-kali melanggar peraturan sekolah kalau tidak mau dihukum. Kendatipun untuk pertama kalinya cadet diberikan sangsi yang minim, tapi bukan tidak mungkin akan dikeluarkan dari sekolah apabila larangan yang dilakukan sudah cukup banyak. Oleh karenanya, mentaati peraturan sekolah sebaik mungkin menjadi konsekuensi yang harus diterima oleh cadet pilot agar bisa menjalani pendidikan dengan sukses.

Melanjutkan pendidikan di sekolah pilot memang harus lebih hati-hati, mengingat biaya sekolah yang sangat tinggi tentu bisa rugi kalau tidak memberikan hasil yang memuaskan. Apalagi jika terjebak ke dalam sekolah pilot yang tak punya kemampuan mendukung dalam mencetak para cadet seperti halnya pesawat latih, tentu saja hal ini bisa mempengaruhi keterampilan para cadet dalam terbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *